Beranda Lifestyle Untuk Penjual Makanan Online, Perhatikan Hal Berikut ya

Untuk Penjual Makanan Online, Perhatikan Hal Berikut ya

48
0

blitzfemale.com | TIPS – Saat ini berjualan secara online banyak sekali dilakukan, mulai dari produk fashion, elektronik dan peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga jual makanan online. Untuk makanan, menjual dan menawarkan produk ini tidak perlu lagi dengan pamflet atau gerai-gerai biasa.

Dalam dunia maya, banyak sekali situs-situs yang menjual makanan secara online dalam berbagai produk dan merk. Selain situs web, banyak juga yang menggunakan social media. Ataupun melalui aplikasi. Calon pembeli bisa memilih sendiri makanan yang diinginkan dari foto-foto dan keterangan yang ada di sana.

Banyak sekali informasi mengenai kiat-kiat dan tips-tips untuk menjual makanan secara online yang bisa didapatkan dengan mudah di internet, tetapi jarang yang memberi ulasan mengenai kendala-kendala yang sering dihadapi para penjual. Jual makanan online memang tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak sekali batasan dan kelemahan yang ada dengan sistem pemasaran ini. Berikut kekurangan-kekurangan sistem penjualan makanan secara online yang biasa dihadapi oleh para pelaku bisnis ini :

(1). Diperlukan biaya yang cukup tinggi untuk membuat situs web yang baik. Desain dan tampilan web yang menarik, pencarian yang mudah di situs pencari dan web yang mudah dan cepat diakses bukan sesuatu yang bisa didapatkan dengan harga murah, sehingga perlu modal yang cukup besar.

(2). Tampilan visual yang terlihat di web atau media sosial biasanya sangat menarik, dan pembeli tentu saja menginginkan hal yang sama, Tapi kadang karena dalam proses pemasakan dan pengantaran, bentuk makanan sedikit berubah, sehingga waktu diterima pembeli, bentuk makanan tidak lagi sesuai yang ada di foto dalam situs web.

(3). Bentuk makanan yang menarik tidak menjamin cita rasa yang lezat dan pembeli tidak dapat mencicipi lebih dahulu bila makanan dijual secara online.

(4). Bila ada pembeli yang kecewa biasanya menuliskan rasa kecewanya dalam social media miliknya yang bisa dibaca semua orang. Hal ini bisa merugikan si penjual.

(5). Sama dengan toko konvensional, pengunjung online juga ingin pelayanan yang cepat. SMS/chat/telepon. Tidak boleh dibiarkan terlalu lama menunggu.

(6). Seringnya terjadi penipuan pemesanan, setelah barang diantar ternyata alamat palsu atau alamat sudah benar tapi orangnya tidak memesan makanan itu sehingga tidak dibayar.

Demikian ulasan mengenai kekurangan-kekurangan jual makanan online. Hendaknya ulasan tersebut di atas tidak menciutkan nyali untuk memulai bisnis kuliner secara online. Karena di luar kelemahan-kelemahan yang ada, kita masih bisa menyiasatinya agar tidak terjadi. Sebagai pengusaha yang baik, agar berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan usahanya.(rahma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini