Beranda Digital Marketing Menulis Sambil Rebahan Lewat Aplikasi KBM App dan Karyakarsa

Menulis Sambil Rebahan Lewat Aplikasi KBM App dan Karyakarsa

35
0
Mahasiswa Prodi Linguistik Indonesia UPN
Mahasiswa Prodi Linguistik Indonesia UPN "Veteran" Jawa Timur (foto : ist)

blitzfemale.com | SURABAYA – Kalau ditanya, apakah menulis itu mudah? Banyak pertanyaan seputar itu, dan jawabannya adalah “Mudah sekali!”.

Hal yang dibutuhkan dalam menulis adalah segera memulai. Pasalnya, terlalu banyak prosedur, tetapi tidak segera memulai, tulisan pun tidak akan terbit. Untuk itu, tim pengabdian Masyarakat dari Prodi Linguistik Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN “Veteran” Jawa Timur, menyosialisasikan gerakan menulis sambil rebahan di dua sekolah, yaitu di SMAN 2 Mojokerto dan SMKN 1 Mojokerto.

Kegiatan dilaksanakan dua hari, 6—7 Oktober 2023, di sekolah masing-masing. Sosialisasi gerakan menulis sambil rebahan ini diajarkan kepada seluruh siswa kelas XI di dua sekolah tersebut. Siswa diajarkan tentang tips dan trik menulis asyik di sela-sela kegiatan sambil rebahan, seperti scroll Tik Tok. Bahkan, siswa bisa menulis kapan pun dan di mana pun. Siswa dikenalkan dengan dua aplikasi menulis, yaitu KBM App dan Karyakarsa. Di KBM App, siswa dapat menulis semua genre mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Begitu pula di aplikasi karyakarsa. Bedanya, di karyakarsa, siswa bisa membuat karya lainnya seperti komik, video, dan foto. Keduanya memiliki kesamaan dari segi memberikan penghasilan kepada konten kreatornya atau penulisnya.

“Kegiatan ini sangat menarik untuk diajarkan kepada siswa, setidaknya siswa menjadi cinta dengan menulis,” ujar Pak Coko, Wakasek SMKN 1 Mojokerto.

Dalam prosesnya, siswa diberikan bekal mulai dari install aplikasi hingga menulis secara langsung di dalam aplikasi. Siswa juga diajarkan tentang cara membuat desain cover yang menarik sebagai pelengkap bagi cover. Aplikasi ini mudah sekali digunakan. Sambil rebahan sekalipun, siswa bisa produktif menghasilkan karya.

“Saya senang ada sosialisasi aplikasi ini. Saya bisa menulis sambil tidur-tiduran di rumah. Kakak yang sosialisasi menjelaskan dengan mudah. Setelah ini saya akan menulis cerita pendek di aplikasi itu,” ujar Rico Darma, siswa SMAN 2 Mojokerto.(acs)

Penulis : lmatus Sa’diyah – Prodi Linguistik Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN “Veteran” Jawa Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini