Beranda Beauty Cerita HMNS bersama Shopee, Harumkan Industri Parfum Lokal 

Cerita HMNS bersama Shopee, Harumkan Industri Parfum Lokal 

112
0

blitzfemale.com | JAKARTA – Menghadirkan wadah yang berperan sebagai perpanjangan tangan antara pengguna dalam memenuhi kebutuhan merupakan salah satu fungsi utama Shopee. Genap berusia 8 tahun, dimana ditandai dengan kampanye ikonik, 12.12 Birthday Sale yang berlangsung hingga 12 Desember 2023 nanti, Shopee masih terus menemani pengguna dan berupaya mengembangkan fungsi utamanya melalui inovasi serta program guna menciptakan lebih banyak manfaat, khususnya bagi pelaku usaha lokal. 

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia mengatakan, “Menyaksikan industri parfum lokal Indonesia kian berkembang pesat, kami percaya hal ini bukan hanya tentang aroma, tetapi juga tentang cerita unik di balik setiap bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Dalam upaya mendukung pertumbuhan para produsen lokal dan UMKM di industri parfum, kami bangga dapat menjadi sarana bagi brand lokal dan UMKM untuk menciptakan peluang bisnis berkelanjutan dan memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan semangat kreativitas yang membara, kami optimis bahwa industri parfum lokal akan terus berkembang, dan kami mengundang semua pihak untuk merayakan kesuksesan ini bersama Shopee 12.12 Birthday Sale, dan menciptakan berbagai momentum positif.”

HMNS, merupakan brand parfum lokal yang diluncurkan oleh Rizky Arief, Founder & CEO of HMNS bersama dengan kedua kawannya pada tahun 2019. ‘Cerita’ merupakan satu kata yang menjadi komponen penting dalam perjalanan brand parfum lokal, HMNS. Tidak memiliki latar belakang pengalaman pekerjaan maupun pendidikan di bidang industri kosmetik, bukan menjadi penghalang mimpi bagi Rizky untuk dengan menghadirkan parfum dengan kualitas yang dapat bersaing di kancah global dengan harga yang terjangkau.  

Rizky Arief, Founder & CEO of HMNS mengatakan, “Diluar keinginan untuk dapat berkontribusi dalam kemajuan brand lokal, sejak awal mengembangkan HMNS, kami menekankan hal berbeda yang dapat terlihat melalui brand parfum yang kami hadirkan adalah bagaimana cara HMNS membangun keterlibatan dengan konsumen. Bukan hanya memperlakukan sebagai figur atau pasar yang ingin dituju, melalui HMNS, kami ingin menghadirkan produk yang memiliki cerita berbeda namun dekat dengan kehidupan manusia. The brand of HMNS is the brand of people.” 

Bagi sebagian besar orang, aroma dan wewangian juga menjadi aspek yang membangkitkan memori seseorang terhadap sebuah momen, tempat atau karakter. Berikut tiga produk yang memiliki cerita dan tersendiri untuk Rizky :

  1. Orgsm as a line up 

Formulasi yang fenomenal ini mulai dikembangkan oleh tim HMNS pada bulan September 2019. ‘Bagaimana jika kita menggabungkan semua wewangian terlaris di dunia wewangian ke dalam satu parfum?’ hal ini yang terbesit di benak tiga pemiliki brand ini. Melalui puluhan percobaan hingga menemukan rahasia bahan dari aroma yang ingin didapatkan. 

Orgsm, menjadi produk favorit dan mengambil tempat tersendiri, tidak hanya karena aromanya yang menarik. Bahkan sempat menjadi parfum yang langka dan sulit didapatkan karena permintaannya yang tinggi. Bagi Rizky, produk Orgasm adalah produk pertama yang melawan ego dari HMNS di awal. Faktanya, saat melihat dan berpikir mengenai HMNS, yang muncul dalam benak nya adalah parfum pria. Akan tetapi, dengan perjalanan panjang mencari aroma yang tepat dengan tipe feminine, tetapi juga sesuai dengan selera dari Rizky.  Bersinar dan membuat orang terpesona, parfum ini bisa membuat sensasi itu melalui karakteristiknya yang manis, floral dan feminin.

  1. Unrosed 

Produk yang dihasilkan akan kenekatan Rizky untuk bereksperimenUnrosed memiliki aroma mawar yang berbeda, hal ini dikarenakan aroma tersebut dihasilkan bukan dari ekstrak bunga mawar, tetapi palma rosa. Melalui produk ini, HMNS berhasil memperkenalkan palmarosa, tanaman asli Indonesia. Dalam menciptakan produk ini, seperti dengan penyebutannya tadi, an experimental product, Unrosed dibuat dengan teknik yang dikenal sebagai Soliflore. Sebuah seni mengkonstruksi aroma dari sekuntum bunga, namun bukan dari bunga itu sendiri. Dengan menggunakan bahan Palmarosa dan campuran lainnya, pengguna dapat mencium aroma mawar favorit dengan cara yang berbeda. Unrosed pun terkenang dengan sebutan experimental product.

  1. Farhampton 

Produk ini menjadi salah satu hasil karya yang memiliki cerita menyentuh. HMNS Farhampton diciptakan berdasarkan film series favorit ketiga founder HMNS, yaitu how i met your mother! Kedekatan ketiga individu dibalik HMNS ini diawali dengan kegemaran yang sama yaitu menonton series tersebut. Di saat yang sama, tiga sekawan ini juga menyukai sebuah parfum, yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi dan tidak dapat ditemukan dipasaran. Hingga saat ini botol parfum tersebut masih tersimpan dan setiap mencium wangi nya, semua memori dan kenangan pada saat kuliah pun kembali muncul. 

Rasa nostalgia tersebut memunculkan rasa semangat dari diri mereka untuk kembali menghidupkan wangi parfum tersebut. Setelah 6 bulan melalui proses perjalanan panjang untuk menciptakan parfum tersebut, HMNS pun bekerjasama dengan seorang perfumer Indonesia. Farhampton, produk dengan jenis extrait de parfum, sekelas dengan wewangian yang memiliki komposisi pure fragrance paling tinggi pun hadir untuk para penikmat parfum di Indonesia. 

“Kami melihat besarnya potensi pada industri parfum lokal, khususnya dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang dapat mendukung dalam pembuatan parfum ini. Bahkan faktanya Indonesia telah aktif menjadi produsen bahan mentah parfum dunia. Untuk menghasilkan produk parfum, kami berkolaborasi dengan 15-20 produsen lokal. Kami juga bekerjasama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk melengkapi bahan-bahan produk HMNS, ” tambah Rizky. 

Di tahun yang sama diluncurkan, HMNS juga bergabung dengan Shopee untuk memperluas jangkauan penjualan dalam ranah digital. 4 tahun bukanlah waktu yang singkat, “Pada Desember 2019, kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Konsiderasi saat itu, selain merupakan marketplace besar yang banyak memiliki jangkauan luas, tetapi konsumen kami kerap merekomendasikan untuk dihadirkan melalui Shopee. Walau berjualan parfum melalui ranah digital bukanlah sesuatu yang familiar, khususnya karena kesulitan untuk menjelaskan produknya. Tetapi kami ingin mempermudah akses dan proses berbelanja, dimana hal tersebut dalam mempengaruhi dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Hingga saat ini pun pengaruh Shopee sangat signifikan, dimana 60% dominasi penjualan kami melalui Shopee,” tambah Rizky.

Selain memanfaatkan wadah dengan jangkauan yang luas, HMNS juga aktif mengikuti berbagai program dan memanfaatkan fitur yang ditawarkan Shopee guna mendukung perkembangan brand nya. Mulai dari menggunakan iklan di aplikasi untuk merangkul lebih banyak pasar dari berbagai lapisan hingga mengikuti secara berkala kampanye-kampanye yang dihadirkan seperti Beauty Fashion Festival. Dengan partisipasi aktif ini, Rizky tidak hanya merasakan pengaruh signifikan di awal bergabung, tetapi hingga saat ini. Dimana salah satu fitur yang menarik perhatian Rizky dan dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan daya tarik pengguna adalah Shopee Live. Melalui Shopee Live, HMNS melihat adanya peningkatan penjualan. Selain itu, keunggulan fitur interaktif ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk bisa eksploratif terhadap produk-produk HMNS, seperti bertanya secara langsung sebelum membeli serta memperkuat kedekatan hubungan konsumen serta bisa mengenal lebih dalam dengan HMNS.

Tidak hanya tergabung dalam Shopee Pilih Lokal, produk-produk dari HMNS juga dapat ditemukan dalam Shopee Finest, laman dalam aplikasi Shopee yang berisi kurasi pilihan produk premium dari brand-brand ternama. Selain itu, ulang tahun Shopee juga ditandai dengan kampanye ikonik yang masih berlangsung hingga puncaknya di 12 Desember 2023 nanti menghadirkan deretan promo spesial Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya, Gebyar Promo Mobil 12RB dan Bonus Akhir Tahun 12M. Akan ada juga kemeriahan pada fitur-fitur menarik seperti Shopee Live dan Shopee Video yang bisa langsung dimaksimalkan pengguna.(mav)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini