Beranda Berita Sambut Hari Jadi Kota Surabaya, Tokopedia Mempererat Kolaborasi untuk Dukung UMKM Naik...

Sambut Hari Jadi Kota Surabaya, Tokopedia Mempererat Kolaborasi untuk Dukung UMKM Naik Kelas

159
0

blitzfemale.com | SURABAYA – Sebagai bentuk komitmen dalam perwujudan untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital di berbagai daerah di Indonesia, Tokopedia terus bekerja sama dengan mitra strategis, termasuk pemerintah, demi mendorong pemulihan ekonomi nasional salah satunya di Kota Surabaya. 

Tokopedia melalui Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia mengatakan, “Dengan semangat kolaborasi dan terus berinovasi, Tokopedia terus menunjukkan komitmen untuk mempermudah masyarakat menemukan segala kebutuhan, sekaligus mendukung perkembangan UMKM lokal termasuk di Kota Surabaya. Salah satu upaya untuk mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal diwujudkan melalui bantuan menyeluruh untuk mendaftar berbagai sertifikasi mulai dari NIB, PIRT, hingga HKI.”

Tokopedia berkolaborasi dengan Garda Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro) yang merupakan program pendampingan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk meningkatkan skala usaha. Tokopedia memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (OSS NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS) bagi para penjual Tokopedia di Kota Surabaya.

Sejak November 2022 hingga April 2023, Tokopedia bersama Kantor Wilayah Kemenkumham RI setempat dan DJKI telah melakukan diseminasi, sosialisasi dan edukasi perlindungan HKI serta memfasilitasi pendaftaran merek bagi ratusan UMKM di Surabaya, Yogyakarta dan Bali. 

Walikota Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten menjalin kolaborasi dengan pemerintah Kota Surabaya dan berbagai mitra strategis lainnya guna mendukung para pegiat usaha Kota Surabaya. Kami harap lewat kolaborasi ini, UMKM lokal di Kota Surabaya semakin berkembang dan dapat meningkatkan kapasitasnya, termasuk dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.”

Tokopedia pun berkolaborasi dengan pemerintah Kota Surabaya dalam hal digitalisasi layanan publik seperti memberikan masyarakat kemudahan pembayaran PBB online. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan jumlah transaksi pembayaran PBB Kota Surabaya melalui Tokopedia naik lebih dari 4x lipat selama periode 2022 dibanding 2021. 

Selain itu, guna mendukung semangat Tokopedia mendukung UMKM naik kelas, Dinas Kesehatan Kota Surabaya memfasilitasi UMKM Tokopedia di Kota Surabaya untuk mengikuti Sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dilaksanakan di Gedung Siola, Kota Surabaya. Sertifikasi (PKP) ini merupakan salah satu prasyarat mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). 

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Peningkatan Transaksi di Kota Surabaya 

Di sisi lain, untuk memperingati HUT Kota Surabaya ke-730, Tokopedia menemukan sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Kota Surabaya melalui berbagai fitur dan kampanye yang dihadirkan Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) hingga Dilayani Tokopedia.

Emmiryzan menjelaskan, “Kategori produk Makanan & Minuman, Fesyen, Ibu & Anak, Kecantikan dan Perawatan Tubuh menjadi kategori produk dengan kenaikan transaksi tertinggi di Kota Surabaya selama tahun 2022 dibandingkan 2021.”

Data internal Tokopedia juga mengungkapkan bahwa Kecamatan Sukolilo, Mulyorejo, Dukuh Pakis, Wiyung dan Lakarsantri menjadi kecamatan di Kota Surabaya dengan jumlah transaksi tertinggi selama periode kuartal I 2023. Selain itu, kenaikan jumlah pesanan melalui kampanye KTP di Kota Surabaya naik lebih dari 1,5x lipat pada periode kuartal I 2023 dibanding periode sama 2022.

Livingbar Handmade menjadi salah satu UMKM asal Kota Surabaya yang telah merasakan berbagai manfaat Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya. Didirikan oleh Dewi Kartikasari dan Michelle Zenda Atmobawono pada tahun 2018, Livingbar Handmade dikenal sebagai UMKM yang menjual berbagai produk sabun berbahan alami.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada Maret 2021, kami terus mengeksplorasi baik fitur maupun kampanye yang ada di Tokopedia untuk meningkatkan penjualan dan telah merasakan dampak yang cukup signifikan. Terbukti transaksi kami pun naik lebih dari 1,5x lipat pada periode 2022 dibandingkan 2021,” ungkap Michelle.

“Selain peningkatan transaksi, Tokopedia juga telah membantu kami untuk memperluas pasar. Bahkan, berkat Tokopedia, Livingbar Handmade telah berhasil menjangkau pembeli hingga Pulau Sumatra dan Sulawesi,” tambah Dewi.

Selain itu, Tokopedia juga mencatat adanya pertumbuhan jumlah penjual jumlah penjual di Kota Surabaya yang memanfaatkan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia naik lebih dari 1,5x lipat pada periode 2022 dibandingkan 2021. Kenaikan juga terjadi pada jumlah pembeli di Kota Surabaya yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia sebesar lebih dari 2x lipat pada periode 2022 dibandingkan 2021. Hal ini turut berpengaruh pada  peningkatan jumlah transaksi Dilayani Tokopedia di Kota Surabaya yang juga tercatat naik lebih dari 2x lipat pada periode yang sama.

Tokopedia juga mencatat bahwa Kecamatan Benowo, Asemrowo, Kenjeran, Semampir dan Simokerto sebagai beberapa kecamatan di Kota Surabaya dengan kenaikan transaksi Dilayani Tokopedia tertinggi selama tahun 2022 dibanding 2021 dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3x lipat. 

Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia seperti, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Serbu Official Store, Kebut Gopay, Home Living Salebration, Tokopedia Tekno dan Tokopedia Garage pun tercatat sebagai kampanye Tokopedia yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat di Kota Surabaya selama kuartal I 2023.

“Tokopedia berharap dengan berbagai inisiatif dan kolaborasi yang dilakukan dapat terus mendukung para pegiat UMKM lokal untuk semakin berkembang dan dapat menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia sehingga bisa menjadi raja di negeri sendiri,” tutup Emmiryzan.(ris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini