Beranda Berita Gandeng Ahli Gizi, Tokopedia Bagikan Tips Jaga Tubuh Tetap Fit Usai Lebaran

Gandeng Ahli Gizi, Tokopedia Bagikan Tips Jaga Tubuh Tetap Fit Usai Lebaran

85
0

blitzfemale.com | JAKARTA – Selama libur Lebaran, banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari bersilaturahmi, mudik, hingga merapikan hunian. Tanpa disadari, kegiatan tersebut membutuhkan kondisi fisik yang prima.

Maka dari itu, menjalani pola makan sehat setelah berpuasa menjadi kunci penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit setelah menjalani puasa satu bulan penuh dan merayakan Idulfitri.

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Usai Lebaran

Agar badan tidak mudah sakit, Tokopedia bersama ahli gizi, Putri MJ, S.Gz membagikan tips menjaga badan tetap fit setelah libur Lebaran.

1. Jadwal tidur teratur dan rutin berolahraga

Ahli gizi, Putri MJ, S.Gz mengatakan jadwal tidur yang ideal mampu menjaga imunitas tubuh. “Selama berpuasa, jam tidur semakin pendek karena harus bangun sahur. Setelah Ramadan usai, kita bisa memperbaiki jadwal tidur agar lebih teratur kurang lebih 8 jam sehari. Tetapi supaya badan tetap fit, imbangi dengan melakukan olahraga yang disukai supaya menjalaninya happy dan semangat,” ucapnya.

Putri juga mengingatkan agar tidak berolahraga secara berlebihan. Dianjurkan berolahraga dengan durasi mulai dari 10 hingga 15 menit. “Kemampuan durasi berolahraga bisa dibangun pelan-pelan, dan jangan langsung memaksa berolahraga berat. Perlu juga memberi jeda hari tanpa berolahraga untuk beristirahat,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Putri menambahkan, “Jika sudah terbiasa berolahraga dengan durasi panjang, disarankan untuk mengonsumsi cairan elektrolit. Misalnya dengan meminum air kelapa yang mengandung banyak mineral, dicampur dengan madu, dan sedikit garam untuk tambahan natrium. Atau, untuk mengembalikan regenerasi sel-sel di seluruh tubuh setelah berolahraga, makan buah-buahan yang tinggi mineral dan makan tinggi protein.”

Tokopedia mencatat raket tenis, sepeda listrik, air climber, sepatu tenis, dan bench press menjadi beberapa produk di kategori Olahraga paling populer di Tokopedia pada periode tiga minggu pertama bulan puasa 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Dari tren tersebut terlihat bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat mulai meningkat. Terbukti dari adanya kenaikan transaksi produk sepeda listrik sebesar hampir 2 kali lipat,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Rizky menambahkan, “Menurut data internal Tokopedia, rute Kab. Deli Serdang ke Kab. Merauke menjadi pengiriman terjauh transaksi kategori Olahraga selama tiga minggu pertama puasa 2023. Sementara itu, Kab. Badung (Bali), Kab. Lombok Utara (NTB), Kota Kotamobagu (Sulawesi Utara), Kab. Toba Samosir (Sumatra Utara) tercatat sebagai daerah yang mengalami kenaikan transaksi produk kategori Olahraga tertinggi selama tiga minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan periode sama Ramadan 2022.

2. Perbanyak zat gizi dan serat

Sebagai ahli gizi yang kerap memberi pelayanan edukasi gizi dan tata cara diet melalui media sosial, melalui Tokopedia, Putri menyarankan untuk memperbaiki konsumsi makanan menjadi lebih padat gizi setelah menjalani puasa dan Lebaran. “Prinsipnya penuhi gizi protein sesuai kebutuhan badan masing-masing, caranya hitung dengan rumus 0,8 sampai dengan 1,2 dikali berat badan (BB) saat ini. Misalnya, 1x 50 kg (BB) berarti membutuhkan protein sebanyak 50 gram/hari,” ucapnya.

Untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan zat gizi makro dan mikro. Zat makro mencakup protein, lemak, dan karbohidrat, sedangkan dan mikro mencakup vitamin dan mineral. Kepada Tokopedia,

Putri mengatakan bahwa untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan gizi makro yakni protein, dan gizi mikro yakni vitamin dan mineral. Kedua jenis gizi ini berperan sebagai imun booster, sedangkan khusus zat gizi makro menjadi pendukung utama produksi sel dalam tubuh, sehingga tubuh membutuhkan protein.

“Peran zat gizi ini jika dianalogikan, badan diibaratkan sebagai rumah, sementara protein adalah bahan baku utama layaknya batu bata untuk pembuatan sel-sel baru yang juga didukung oleh vitamin dan mineral. Seperti Vitamin C, D, Magnesium, Zinc yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan selain gizi, serat juga sangat dibutuhkan tubuh. “Batasi lemak untuk kurangi kolesterol dan hindari makan gorengan. Penting juga untuk perbanyak serat dari sayur, buah, biji-bijian. Saya merekomendasikan oat karena mengandung serat yang disebut beta glucan yang sudah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah,” jelas Putri.

Di sisi lain, berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, Tokopedia juga mencatat beberapa daerah seperti Kab. Gianyar (Bali), Kab. Karangasem (Bali), Kota Gunungsitoli (Sumatra Utara), Kab. Labuhanbatu Utara (Sumatra Utara), mengalami peningkatan transaksi produk kategori Makanan dan Minuman periode tiga minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan minggu pertama Ramadan 2023.

“Pengiriman terjauh transaksi kategori Makanan & Minuman selama tiga minggu pertama puasa 2023 terjadi dari Kab. Aceh Tengah ke Kota Jayapura,” ungkap Rizky.

3. Terapkan mindful eating

Makan berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas hingga berbagai penyakit kronis seperti diabetes hingga penyakit jantung. Sebagai ahli gizi yang tidak menggolongkan makanan baik dan buruk, Putri mengatakan setiap orang dapat menikmati nastar saat Idulfitri selama jumlahnya tidak berlebihan.

“Agar lebih waspada dengan jumlah porsi makan, terapkan mindful eating yang dapat membantu untuk mengontrol jumlah makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hindari multitasking atau ngobrol saat makan supaya kita sadar dengan porsi yang dikonsumsi, kita juga harus menikmati rasa makanan. Selain itu, jangan abaikan respon tubuh. Apabila sudah merasa kenyang sebaiknya berhenti makan,” ucap Putri.

Melalui Tokopedia, Putri menganjurkan masyarakat untuk mengimbangi gizi dengan menerapkan “isi piringku” yang dikampanyekan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Mudahnya, porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein,” jelas Putri.

“Pada periode tiga minggu pertama Ramadan 2023, Tokopedia mencatat Daging, Bumbu & Bahan Masakan, Susu & Olahan Susu, Minuman, dan Makanan Ringan sebagai produk paling populer di kategori Makanan & Minuman,” ungkap Rizky

4. Tidak lupa minum multivitamin

“Untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari, konsumsi multivitamin sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Sehingga konsumsi multivitamin sangat penting agar badan tetap fit setelah libur panjang Idulfitri,” tutup Putri.

“Tokopedia memiliki halaman khusus, yaitu Zona Sehat, agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan akan produk kesehatan, seperti multivitamin, sebelum kembali ke aktivitas usai Lebaran. Tokopedia mencatat pengiriman terjauh produk multivitamin selama Ramadan 2023 terjadi dari Kota Cilegon di Banten ke Kota Jayapura di Papua,” tutup Rizky.(ca)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini