Beranda Berita Di Momen Hari Donor Darah Sedunia 2024, Khofifah Apresiasi Pendonor Darah Diseluruh...

Di Momen Hari Donor Darah Sedunia 2024, Khofifah Apresiasi Pendonor Darah Diseluruh Dunia

49
0
Di Momen Hari Donor Darah Sedunia 2024, Khofifah Apresiasi Pendonor Darah Diseluruh Dunia (foto : ist)
Di Momen Hari Donor Darah Sedunia 2024, Khofifah Apresiasi Pendonor Darah Diseluruh Dunia (foto : ist)

blitzfemale.com | SURABAYA – Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendonor darah yang rutin dan aktif melakukan donor darah bagi sesama. Menurutnya, mereka adalah orang-orang berhati mulia karena telah menyelamatkan nyawa orang lain melalui donor darah.

Pesan tersebut sejalan dengan tema peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2024 yakni “20 years of celebrating giving: thank you blood donors!”, yakni memperingati 20 tahun merayakan pemberian dengan slogan “terima kasih para pendonor darah!”. Hari Donor Darah Sedunia ini diperingati setiap tanggal 14 Juni.

“Orang yang aktif dan rutin mendonorkan darahnya secara sukarela adalah bentuk ketulusan dan keikhlasan membantu sesama. Terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pendonor darah, InsyaAllah ini akan menjadi amal jariyah panjenengan semua dan dimuliakan oleh Allah SWT,” kata Khofifah , Jum’at (14/6).

Sebagai informasi, Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) tahun ini merupakan peringatan ke-20 tahun. Peringatan ini diselenggarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya darah dan produk darah yang aman untuk menyelamatkan nyawa.

Khofifah mengatakan, apresiasi dan terimakasih ini layak disampaikan kepada para pendonor darah, karena mereka secara sukarela dan ikhlas mendasarkan niat untuk membantu sesama tanpa melihat latar belakang siapa yang dibantu.

“Betapa ini modal sosial luar biasa yang dimiliki bangsa kita. Niat membantu sesama tanpa mengharapkan balasan dan tanpa melihat siapa orang yang dibantu,” katanya.

Apresiasi bagi pendonor darah, lanjut Khofifah, juga rutin dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) setiap tahunnya. Penghargaan ini berupa Satya Lancana bagi pendonor darah yang dengan sukarela secara terus menerus tanpa pamrih melakukan donor darah sebanyak 100 kali, 75 kali dan 50 kali.

“Tentunya apresiasi ini tidak sebanding dibanding keikhlasan dan ketulusan mereka dalam mendonorkan darahnya untuk sesama. Namun penghargaan ini menjadi bukti terimakasih dan apresiasi bagi para pendonor darah,” katanya.

Di akhir, Khofifah kembali mengajak segenap masyarakat terutama para generasi muda untuk aktif mendonorkan darahnya guna menolong sesama.

“Keteladanan para pendonor darah yang telah mendapatkan penghargaan Satya Lancana ini harus menjadi contoh bagi para generasi muda. Dan pesan-pesan kemanusiaan ini harus terus kita sebarluaskan. Semoga makin banyak generasi muda yang mau dan ikhlas mendonorkan darahnya bagi sesama,” pungkasnya.(vad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini