Beranda Berita BAZNAS Bersama Bango dan Royco Bagikan 5.000 Paket Buka Puasa Gratis Lezat...

BAZNAS Bersama Bango dan Royco Bagikan 5.000 Paket Buka Puasa Gratis Lezat Bernutrisi di 24 Kota di Indonesia

76
0

blitzfemale.com | SIDOARJO – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar acara Buka Puasa Akbar bersama 2.500 santri dan santri putri di Pondok Pesantren Modern al Amanah Junwangi. Kegiatan ini adalah bagian dari kelanjutan kerja sama BAZNAS, Bango dan Royco dalam program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan”, berupa pendistribusian 50.000 paket puasa gratis ke 24 kota di Indonesia. Acara ini turut dihadiri oleh jajaran Direksi Unilever Indonesia, jajaran Pimpinan BAZNAS RI Pusat maupun daerah, serta sederetan tokoh masyarakat setempat.

Kolonel Caj (Purn) Drs. Nur Chamdani selaku Pimpinan BAZNAS RI Pembina Wilayah Provinsi Jawa Timur dan Bidang Keuangan, SDM dan Umum Pimpinan BAZNAS RI mengatakan, “BAZNAS kembali menggandeng Bango dan Royco sebagai mitra untuk melaksanakan program sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan. Setelah melakukan berbagai bentuk kerja sama, termasuk di awal tahun 2024 lalu melalui pembagian 10.000 paket sembako kepada kaum duafa, kali ini BAZNAS, Bango dan Royco kembali berkolaborasi dalam program ’Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan’ dengan menyalurkan paket buka puasa gratis yang lezat bernutrisi sesuai dengan pedoman ”Isi Piringku” dan prinsip Halalan Thayyiban.

Direktur Nutrition Unilever Indonesia, Amaryllis Esti Wijono menanggapi, “Selama puluhan tahun, Bango dan Royco secara berkelanjutan berupaya memberikan kebaikan melalui berbagai inovasi dan program, yang bermuara pada komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang. Terlebih di bulan Ramadan, yang tidak hanya menjadi momen teristimewa bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas iman dan takwa, namun juga kepada sesama manusia dengan memperkuat kepedulian terhadap sesama.”

Untuk itu, berbagi kebaikan menjadi bentuk amalan yang mulia dan dianjurkan. Dari semua bentuk kebaikan di bulan Ramadan, berbagi makanan yang bernutrisi seimbang adalah salah satu yang diutamakan karena dapat membantu orang lain menjalankan kewajiban berpuasanya dalam kondisi yang sehat dan kuat. Hal ini lah yang melandasi BAZNAS, Bango dan Royco untuk menggagas program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan”.

”Beberapa waktu lalu, program ini telah resmi dimulai melalui kegiatan Buka Puasa Akbar di Masjid Istiqlal, melibatkan 5.000 jamaah dan mustahik. Sepanjang Ramadan, secara total kami akan menyalurkan 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota, yaitu Jakarta, Banjarmasin, Bojonegoro, Bone, Cirebon, Jombang, Kendari, Lampung, Madiun, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Pamekasan, Pekanbaru, Ponorogo, Purwokerto, Solo, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, Yogyakarta, dan hari ini di Kabupaten Sidoarjo, Surabaya. Tidak hanya itu, di masing-masing kota kami juga akan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang Halalan Thayyiban, khususnya di bulan Ramadhan,” lanjut Amaryllis.

Ustadz Dr. KH. Ahmad Muzakky Al-Hafidz, MA selaku Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menerangkan, ”Saat kita berbagi pada sesama di bulan Ramadhan, makanan yang diberikan sepatutnya adalah yang Halalan Thayyiban. Selain memastikan terpenuhinya aspek kehalalan dari bahan dan proses pembuatannya, konsep ini juga mengajarkan bahwa kualitas makanan punya peran yang sangat penting. Makanan yang Thayyib – yaitu yang bergizi, sehat dan juga lezat – akan memungkinkan seseorang untuk menjalani hidup yang sehat dan produktif, terlebih saat ia berpuasa. Dengan mengamalkan konsep Halalan Thayyiban, Insyaa Allah berbagi dalam bentuk makanan ini akan mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengonsumsinya.”

Program ”Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan” akan menjangkau para mustahik yang terdiri dari kaum duafa, yatim piatu, hingga para santri dan santri putri. Pesantren menjadi salah satu target penerima manfaat karena dipandang sebagai komunitas yang efektif dalam menyebarluaskan berbagai perilaku positif melalui pembelajaran antar teman sebaya. Harapannya, dengan interaksi yang intens antar santri/santri putri yang belajar dan tinggal di Pesantren, kegiatan berbuka puasa ini mampu menjadi inspirasi bagi mereka untuk saling mencontohkan dan meniru kebiasaan mengonsumsi menu yang sehat, bergizi seimbang.

Paket berbuka puasa yang dibagikan mencakup menu lezat bergizi seimbang sesuai pedoman “Isi Piringku”, diantaranya menu ayam goreng dan semur telur yang tidak hanya lezat namun juga kaya akan kandungan protein hewani yang mutlak dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Mengenai penyelenggaraan acara hari ini, KH. Nurcholis Misbah selaku Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Modern al Amanah Junwangi menyampaikan, ”Terima kasih kepada BAZNAS, Bango dan Royco atas dilibatkannya Pondok Pesantren kami ke dalam program ini. Insyaa Allah kegiatan Buka Puasa Akbar hari ini dapat menjadi salah satu bentuk ikhtiar dalam memastikan pemenuhan gizi yang Halalan Thayyiban untuk para santri dan santri putri kami. Tidak hanya di bulan Ramadan, tapi juga dapat berlanjut menjadi kebiasaan yang baik di masa depan.”  

Zaskia Adya Mecca, sosok selebritas yang dikenal memiliki kepedulian sosial pada sesama ikut berkomentar, ”Bagi sebagian dari kita, berbuka puasa dengan menu yang lezat bergizi seimbang adalah sebuah keharusan. Tapi bagi banyak yang orang membutuhkan, hal ini adalah sebuah kemewahan yang mungkin tidak bisa mereka nikmati setiap hari. Saya percaya acara yang dilakukan Bango dan Royco hari ini sangat besar manfaatnya, dimana kita berbagi kebaikan dengan adik-adik santri agar mereka bisa semakin semangat berpuasa dengan nutrisi yang tercukupi. Insyaa Allah kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi semua.”  

Ke depannya, pembagian paket buka puasa gratis akan dilakukan secara bertahap di 22 kota lainnya melibatkan BAZNAS Daerah untuk memastikan bahwa program dapat terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran.

”Insyaa Allah rangkaian kegiatan ini akan mampu menginspirasi semua pihak untuk terus berlomba berbagi kebaikan, khususnya selama bulan Ramadhan, dimana pemenuhan gizi seimbang Insyaa Allah akan mampu membantu sesama untuk beribadah dengan lebih khusyuk dan bermakna,” tutup Amaryllis.(vrd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini