Beranda Hotel Midtown Hotels Indonesia Tumbuhkan Jiwa Perjuangan dengan Nyekar di TMP Ngagel Rejo...

Midtown Hotels Indonesia Tumbuhkan Jiwa Perjuangan dengan Nyekar di TMP Ngagel Rejo Surabaya

154
0
Midtown Hotels Indonesia Tumbuhkan Jiwa Perjuangan dengan Nyekar di TMP Ngagel Rejo Surabaya
Midtown Hotels Indonesia Tumbuhkan Jiwa Perjuangan dengan Nyekar di TMP Ngagel Rejo Surabaya

blitzfemale.com | SURABAYA – “Dengarkan pekik mereka, Allahu Akbar! Gaungnya menggelegar, mengoyak langit, Surabaya yang murka.” dengan lantang Lisa membaca barisan puisi dari secarik kertas yang dipegang dan kemudian dilanjutkan oleh Theo, PR Crown Prince Hotel Surabaya by Midtown Hotels Indonesia melalui megaphone yang dia genggam.

“Meski nyawa yang menjadi taruhan, karena mereka memang pahlawan. Surabaya, di manakah kau sembunyikan, Pahlawanku?” Lisa menutup sebuah puisi karya Mustafa Bisri berjudul Surabaya yang menggetarkan suasana.

Hari ini Kamis, 9 November 2023 di Taman Makam Pahlawan di Ngagel Rejo Surabaya, dipenuhi oleh keluarga besar Midtown Hotels Indonesia yang terdiri dari Midtown Hotel Surabaya, Midtown Residence Surabaya, Crown prince Hotel Surabaya dan Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya. Dengan seragam atasan warna putih serta beberapa berkostum tema perjuangan, berjalan beriringan dan merapat pada sebuah makam dengan batu nisan bertulis H. MOH. AKIJAT.

Agenda tabur bunga sore itu dalam rangka menyambut hari pahlawan 10 November, secara langsung mengnujungi makam pahlawan asli arek Surabaya bernama Letnan Achijat yang dikenal sebagai Si Alap-Alap Suroboyo karena kegigihan dan keberaniannya dalam menyusup koloni penjajah dan sangat gesit dalam penyerangan.

Dihadiri dari keluarga Letnan Achijat, Nuransyah Achijat dan Isa Alamsyah Achijat sebagai anak kandung bergantian meletakkan karangan bunga, menabur bunga dan megguyurkan air dari kendi.

“Kami pun tumbuh menjadi pribadi yang menurun dari Ayahanda, menjunjung tinggi jiwa kemanusiaan dan tidak mudah menyerah mengalir dari beliau”, terang Isa Alamsyah menahan rasa haru mengenang almarhum.

Kegiatan tabur bunga tersebut berlanjut ke makam yang berada di seberang jalan, semua peserta dan awak media pun merapat pada sebuah area makam yang memiliki  joglo dan plakat berbahan batu marmer yang bertuliskan Makam Pahlawan Nasional BUNG TOMO.

Bambang Sulistomo, anak mendiang Pahlawan Bung Tomo dengan perlahan mendekati makam tersebut dan terlihat begitu khusyuk dalam memanjatkan doa-doa terbaiknya kepada sang Ayahanda.

“Beliau memang begitu gigih dalam mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo melalui pidatonya yang akhirnya berhasil membangkitkan semangat rakyat Surabaya untuk kembali semangat melawan penjajah”, ujar Bambang Sulistomo.

Sebagai warga Surabaya, Donny Manuarva selaku General Manager Corporate Midtown Hotels Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk jangan pernah melupakan sejarah.

“Kita harus mampu meneruskan perjuangan para pahlawan yang sudah memberikan kemerdekaan Republik Indonesia dengan berkegiatan positif”.

Secara bergantian juga mengunjungi makam beberapa tokoh yang namanya dipakai jadi sebuah nama jalan di Surabaya seperti makam Moeljono dan Sariredjo gugur saat pertempuran 10 November 1945 yang digabung menjadi nama daerah Mulyorejo, Syaifun Anwar, dan KH. Bey Arifin.(ac)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini