Beranda Berita Permata Photojournalist Grant Sorot Figur Perempuan Inspiratif Indonesia di Edisi ke-12 

Permata Photojournalist Grant Sorot Figur Perempuan Inspiratif Indonesia di Edisi ke-12 

118
0
Permata Photojournalist Grant Sorot Figur Perempuan Inspiratif Indonesia di Edisi ke-12 
Permata Photojournalist Grant Sorot Figur Perempuan Inspiratif Indonesia di Edisi ke-12 

blitzfemale.com | JAKARTA – Tahun ini, perjalanan Permata Photojournalist Grant telah menginjak edisi ke-12. PermataBank bersama PannaFoto Institute merayakannya dengan mengangkat tema “INSPIRATION” karena terinspirasi dari perjuangan perempuan Indonesia yang berkontribusi nyata bagi keluarga, komunitas dan lingkungan sekitar mereka tinggal. Hal ini pun sejalan dengan komitmen Business 20 (B20) Indonesia dalam rangkaian Komite Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali beberapa waktu lalu yang menyoroti kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Indonesia. 

Peserta PPG kali ini, berasal dari berbagai kota di Indonesia dan telah mengikuti pelatihan daring sejak 14 Maret hingga 1 Juni 2023 lalu. Agus Susanto (Harian Kompas) turut menilai portoflio kandidat peserta, sementara hasil karya peserta dikurasi secara langsung oleh Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter (Fotografer, Alumni & Mentor PPG). Para peserta pun berkesempatan mendapatkan materi pelatihan yang disampaikan oleh mentor-mentor kredibel dari PannaFoto Institute dan alumni PPG seperti Edy Purnomo, Rosa Panggabean, Yoppy Pieter, Abriansyah Liberto dan Riska Munawarah, serta mentor asal Kroasia (Saša Kralj), Belanda (Jenny Smets), praktisi media (Tri Joko Her Riadi) dan aktivis pangan dan dosen (Widya Hasian Situmeang). Selama proses pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan narasi foto sesuai dengan topik pilihan yang menggarisbawahi kisah para perempuan yang menginspirasi.

Dayan Sadikin, Direktur PermataBank, mengatakan, “PermataBank memiliki visi untuk menjadi bank pilihan dengan terus membina kemitraan dan menciptakan nilai bermakna bagi seluruh pemangku kepentingan. Di PermataBank, kami pun percaya bahwa pendidikan menjadi faktor yang sangat penting dalam menciptakan perubahan signifikan menuju masyarakat yang lebih baik. Salah satu komitmen PermataBank dalam memajukan pendidikan bangsa diwujudkan melalui Permata Photojournalist Grant (PPG) yang kami dedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Kami berharap, PPG dapat memberikan ruang belajar di mana para pewarta foto Indonesia dapat mengasah keterampilan mereka dan menciptakan karya yang lebih relevan lagi bagi masyarakat.”

Dalam kesempatan yang sama, Ng Swan Ti, Managing Director PanaFoto Institute, menyampaikan, “Tema “Inspiration”  yang diangkat tahun ini sangat bermakna, karena kami terinspirasi dari perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh dan berperan sangat besar untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya, dari lingkup domestik hingga dalam lingkup sosial yang lebih luas di komunitas mereka. Tema PPG tahun ini yang berakar dari semangat mendukung pengarusutamaan gender dalam segala bidang, khususnya dunia jurnalisme foto yang sepi dari pewarta foto perempuan. Oleh karena itu, kami dari PannaFoto Institute mendukung penuh tema ini, dan memfasilitasi para peserta PPG edisi ke-12 menghasilkan karya terbaik mereka untuk dibagikan kepada masyarakat melalui pameran foto. Akhir kata, saya ingin berterima kasih kepada semua peserta yang sangat bersemangat mengikuti PPG XII, dan selamat kepada para pemenang PPG XII. Semoga PPG dapat terus mengINSPIRASI.” tutupnya.

Hasil karya narasi visual penerima PPG XII akan dipamerkan di World Trade Center (WTC) 2, Jakarta Selatan yang dibuka untuk publik mulai 11 Juli hingga 18 Agustus 2023. Selama periode pameran akan diadakan seri kegiatan publik berupa Artist’s Talk, Editor’s Forum dan Photo Seminar untuk membuka ruang diskusi mengenai praktik bertutur visual yang berdampak secara sosial.

Berikut para pemenang inspiratif pada PPG XII:

1.     Abdan Syakura, Republika – Cimahi

2.     Adwit Pramono, Antara Foto – Manado

3.     Ahmad Rizki Prabu, Kontributor Project Multatuli – Palembang

4.     Bagus Kurniawan, Pewarta Foto Lepas – Prabumulih

5.     Endra Prakoso, Akurat.co – Jakarta

6.     Himawan Listya Nugraha, Harian Bisnis Indonesia – Bogor

7.     Kristi Dwi Utami, Harian Kompas – Semarang

8.     Muhammad Bagus Khoirunas, Antara Foto – Banten

9.     Muhammad Ihsan Mulya Pratama, Jawa Pos Radar Solo – Solo

10.  Muhammad Tohir, GATRA – Palembang

The Best Work : Muhammad Tohir, GATRA – Palembang, dengan judul karya “OASE”

Seluruh karya alumni PPG dan informasi program dapat dilihat pada laman  www.permata-photojournalistgrant.org

(av/ist)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini