Beranda Hotel Hotel Ciputra World Surabaya Mendukung Pertumbuhan UMKM Dalam Ajang Pameran “Mlaku-Mlaku Nang...

Hotel Ciputra World Surabaya Mendukung Pertumbuhan UMKM Dalam Ajang Pameran “Mlaku-Mlaku Nang Dolly”

140
0
Hotel Ciputra World Surabaya Mendukung Pertumbuhan UMKM Dalam Ajang Pameran “Mlaku-Mlaku Nang Dolly
Hotel Ciputra World Surabaya Mendukung Pertumbuhan UMKM Dalam Ajang Pameran “Mlaku-Mlaku Nang Dolly"

blitzfemale.com | SURABAYA – Hotel Ciputra World Surabaya mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia dalam kegiatan bertajuk Kolaborasi Pemerintah Kota Surabaya dengan Global Future Cities Program dan Smesco “Mlaku-Mlaku Nang Dolly” sebagai bagian dari DOLLY Surabaya Urban Transformation Program yang dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Duta Besar Inggris untuk Indonesia  & Timor Leste, Owen Jenkins serta Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan tamu-tamu penting lainnya. Dalam acara yang diselenggarakan di Pasar Burung Dolly tanggal 21 Juni 2023, Hotel Ciputra World Surabaya memamerkan hasil karya UMKM dengan mengubah kain seprai dan sarung bantal yang sudah tidak digunakan menjadi barang yang berguna dan bernilai.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), Hotel Ciputra World Surabaya memberikan kain seprai dan sarung bantal yang sudah tidak digunakan kepada Wiwit Manfaati untuk dikreasikan menggunakan teknik eco-printing dan shibori. Hotel kami menghasilkan banyak limbah kain seperti seprai dan sarung bantal. Namun kami tidak membiarkan barang-barang tersebut menjadi sia-sia dan terbuang. Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan salah satu UMKM yaitu Witrove by Wiwit Collection dan Trovato by Zahrotus Sadida untuk mengubah linen yang tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai jual seperti  tas, outer, hiasan dinding dan pouch” ungkap Treti Christina, Director of Human Resources.

Yang tak kalah menarik, kegiatan CSR ini tidak hanya melibatkan UMKM tetapi Liponsos Surabaya. Para penghuni Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) juga turut aktif dalam pembuatan hasil karya ini. Di bawah binaan Wiwit Manfaati, warga Liponsos menggunakan teknik shibori dimana teknik ini tidak terlalu rumit dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan fokus mereka. Hasil karya warga Liponsos ini telah mendapat apresiasi dari Dinas Sosial dengan memesan 400 tote bag.

“Tentunya kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi UMKM saja tetapi juga meningkatkan kreatifitas warga Liponsos untuk berkarya dan sebagai aksi cinta lingkungan dengan daur ulang kain yang sudah tidak terpakai” tambah Treti.

Tak hanya itu, Hotel Ciputra World Surabaya pun memiliki UMKM binaan yaitu Reka Food Indonesia yang memproduksi makanan ringan khas Indonesia, yaitu rengginang. Rengginang ini sudah diperkenalkan pada pameran di Orchard Road di Singapura. “Kami sudah ada permintaan untuk pengiriman produk ke Singapura”, jelas Roni, pemilik Reka Food Indonesia. Produk ini pun mendapat reaksi positif dari Supomo selaku President Director, LPDB KUMKM saat mengunjungi booth.

Dalam diskusi antara Menteri Koperasi dan UMKM dan Dubes Inggris, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi  menyampaikan bahwa kedepannya Dolly akan menjadi pusat ekonomi kreatif dan perekonomian. Selain itu, dalam diskusi  tersebut terungkap bahwa Indonesia sendiri memiliki 4.000 lebih UMKM salah satunya di daerah Dolly yang sebagian besar UMKM sudah cukup berkembang. Perkembangan tersebut tentu saja berkat gotong royong dari berbagai pihak seperti masyarakat, pemerintah kota serta perusahaan yang memberikan dukungan melalui CSR salah satunya Hotel Ciputra World Surabaya.“Saat ini pemerintah mulai membeli produk-produk UMKM dan 40% APBN dialokasikan untuk membeli produk-produk dalam negeri termasuk konsumsi masyarakat yang harus diarahkan untuk membeli produk dalam negeri.” ungkap Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UMKM.

Setelah sesi diskusi, Menteri Koperasi dan UMKM, Dubes Inggris, Walikota Surabaya dan para undangan berkeliling booth untuk melihat hasil karya dari berbagai instansi, termasuk Hotel Ciputra World Surabaya. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling Dolly dengan mengunjungi PAUD Anak Berkebutuhan Khusus, koperasi, hingga SWK.(ang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini