Beranda Berita Tokopedia Bagikan Tips Mengatur Keuangan Keluarga bagi para Ibu Jelang Hari Raya

Tokopedia Bagikan Tips Mengatur Keuangan Keluarga bagi para Ibu Jelang Hari Raya

73
0

blitzfemale.com | TIPS – Sosok Ibu begitu dikagumi di dalam keluarga karena dianggap serba bisa. Mulai dari mengurus rumah, mendidik anak, bahkan kerap menjadi ‘menteri keuangan’ untuk mengatur berbagai pengeluaran rumah tangga. Jelang hari raya Ibu di rumah juga harus pandai mengatur keuangan agar dapat memenuhi setiap kebutuhan termasuk pembayaran zakat menjelang hari raya Idul Fitri.

Tips Kelola Keuangan Keluarga ala Tokopedia

Tokopedia melalui Rizky Juanita Azuz, selaku Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia mengatakan bahwa sebagai perusahaan teknologi Indonesia dan melalui semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia terus berusaha untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam manajemen keuangan. Seperti menyediakan fitur Kelola Tagihan dan Pembayaran Zakat Online yang dapat membantu masyarakat untuk membuat perencanaan keuangan lebih praktis dan aman.

Dalam memenuhi kebutuhan mengatur keuangan, Tokopedia membagikan tips bagaimana Ibu bisa lebih cerdas atur keuangan keluarga.

1. Miliki Rencana Keuangan

Membuat perencanaan keuangan sangat penting dilakukan oleh siapapun demi mencapai finansial lebih stabil. Caranya, tentukan instrumen manajemen keuangan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bulanan keluarga.

Setelah menemukan instrumen manajemen keuangan yang tepat, mungkin Ibu jadi lebih sadar akan skala prioritas kebutuhan keluarga. Karena itulah, memisahkan kebutuhan dan keinginan merupakan salah satu kunci dalam mengatur keuangan keluarga. Bukan berarti tidak boleh mengeluarkan uang seperti untuk kebutuhan hiburan, namun akan lebih bijak lagi jika memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Supaya menghindari denda atau penalti karena telat bayar tagihan, pastikan selalu membayar tagihan tepat waktu dengan fitur Bayar Otomatis. Misalnya dengan memanfaatkan fitur Kelola Tagihan yang telah tersedia di Tokopedia. Fitur ini merupakan fitur bayar otomatis yang dilengkapi sistem pengingat (reminder) sehingga pengguna tidak telat bayar tagihan secara rutin.

Tidak hanya itu, fitur ini juga dilengkapi kemudahan bagi pengguna untuk bayar sekaligus tagihan produk digital dalam satu kali checkout. Disamping itu, pengguna juga bisa melihat laporan bulanan untuk memeriksa total pengeluaran sehingga jadi lebih terkontrol.

“Selain itu, fitur ini dapat memudahkan masyarakat untuk membayar berbagai tagihan produk digital dalam satu kali checkout, seperti tagihan listrik PLN, tagihan air PDAM, premi asuransi, dan lainnya. Transaksi pun lebih aman karena masyarakat dapat melihat laporan pengeluaran bulanan agar jadi lebih terkontrol,” ucap Rizky.

3. Alokasikan Bonus Tahunan hingga THR untuk Tabungan dan Zakat

Agar bonus prestasi, tahunan, dan tunjangan hari raya (THR) tidak habis begitu saja, sebaiknya alokasikan dana tersebut untuk ditabung dan berzakat. Menyisihkan uang bonus dan THR untuk ditabung bermanfaat untuk masa depan hingga dipergunakan sebagai dana darurat di kemudian hari.

Selain ditabung, bonus tahunan hingga THR dapat dialokasikan untuk berzakat, berdonasi, hingga membayar wakaf. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menunaikan zakat, Tokopedia bekerja sama dengan beberapa mitra lembaga amil zakat seperti, Baznas, BenihBaik, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan lain-lain.

Dengan membayar donasi dan zakat melalui Tokopedia, masyarakat dapat membayar zakat maal, zakat fitrah, donasi, fidyah, dan wakaf tanpa harus ke luar rumah, sehingga lebih cepat, amanah, dan sesuai syariat Islam.

“Pengguna aplikasi Tokopedia di seluruh penjuru Indonesia, dapat membayar zakat lebih praktis dan aman. Selain akan menerima bukti setor zakat yang dikirimkan oleh Tokopedia melalui email, pengguna yang telah membayar zakat juga menerima bukti setor Zakat pada H+7 setelah transaksi.

Khusus untuk Zakat Fitrah, pengguna aplikasi Tokopedia dapat membayar mulai 23 Maret hingga akhir Ramadan 2023,” ucap Rizky.

4. Siapkan Dana Darurat

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang Ibu dalam mengatur keuangan keluarga adalah selalu siapkan dana darurat. Sebagai seorang Ibu sebaiknya lebih waspada dengan keadaan yang tidak bisa diprediksi, semisal kondisi kesehatan yang tiba-tiba menurun, atau fasilitas rumah tangga yang tiba-tiba rusak.

Dana darurat ini sebaiknya dipisahkan dengan tabungan yang disiapkan tiap bulannya. Hal ini untuk meminimalisir terpakainya dana darurat untuk kebutuhan lain.

“Dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan, Tokopedia berharap dapat membantu para Ibu di seluruh wilayah Indonesia untuk semakin bijak mengelola keuangan keluarga agar berdampak baik terhadap kesejahteraan keluarga dalam jangka panjang,” tutup Rizky.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini