Beranda Berita Penjualan Takjil Buka Puasa di Tokopedia Melejit 3 Kali Lipat di Minggu...

Penjualan Takjil Buka Puasa di Tokopedia Melejit 3 Kali Lipat di Minggu Pertama Ramadhan 2023

89
0

blitzfemale.com | JAKARTA – Tokopedia mencatat Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling populer selama seminggu pertama Ramadhan 2023 (periode data: 23-29 Maret 2023).

“Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil sebesar 3 kali lipat selama seminggu awal Ramadan dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia. Ini dikarenakan, pada bulan puasa, berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

Larisnya Aneka Takjil Buka Puasa, Penjualan Kolang-kaling di Tokopedia Naik Hampir 4 Kali Lipat

Berbagai jenis takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan melalui Tokopedia selama seminggu awal Ramadhan 2023. “Transaksi kelapa muda naik hampir 2 kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023. Kelapa muda cenderung dicari banyak orang karena bisa
membantu mencukupi kebutuhan elektrolit harian terutama selama berpuasa,” jelas Nuraini.

Es cincau yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan lambung, juga mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia lebih dari 2 kali lipat di minggu pertama Ramadhan.

“Transaksi es pisang ijo, kudapan manis khas Makassar yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau, pun melonjak lebih dari 2 kali lipat,” kata Nuraini.

“Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat, sedangkan penjualan kolang kaling–yang biasanya menjadi campuran takjil–melonjak hampir 4 kali lipat,” tambah Nuraini.

Tokopedia Beri Panggung UMKM Makanan dan Minuman lewat Tokopedia NYAM! Jumlah Penjual Melonjak Belasan Kali

Kini sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100%nya pelaku UMKM. Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk termasuk makanan dan minuman.

“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” kata Nuraini.

Lewat Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat.

“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di seminggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja
lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat,” jelas Nuraini.

Deliki, salah satu UMKM makanan tanpa MSG, pengawet dan pewarna di Tokopedia NYAM!, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat selama seminggu awal bulan puasa dibandingkan periode yang sama di Ramadhan tahun lalu.

“Selain kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga terus mengedepankan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Lewat Hyperlocal, UMKM makanan dan minuman di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar, sedangkan pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan makanan dan minuman, termasuk takjil, dengan lebih cepat dan efisien,” jelas Nuraini.

“Contoh manifestasi Hyperlocal, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang dapat digunakan pelaku usaha makanan dan minuman untuk menjangkau pasar dalam kota dan sekitarnya. Ada juga Dilayani Tokopedia–layanan pemenuhan pesanan yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha makanan dan
minuman untuk menjangkau pembeli di luar kota bahkan antarpulau–dengan menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” tambah Nuraini.

Restu Mande adalah contoh UMKM di Kumpulan Toko Pilihan Bandung yang menjual beragam makanan khas Padang, mulai dari dendeng, rendang dan masih banyak lainnya. Usaha ini mencatat kenaikan transaksi hampir 2,5 kali lipat selama seminggu awal Ramadan di Tokopedia. Di sisi lain,
penjualan Kepala Djenggot, contoh pegiat usaha lokal produsen teh dan pengguna Dilayani Tokopedia, juga naik hampir 2,5 kali lipat.

Berbagai Wilayah Alami Lonjakan Jumlah Penjual dan Pembeli Takjil

Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, Tokopedia mencatat beberapa daerah seperti Cimahi (Jawa Barat), Bantul (D.I. Yogyakarta), Badung (Bali), Denpasar (Bali) serta Makassar (Sulawesi Selatan) mengalami peningkatan jumlah penjual takjil paling tinggi selama seminggu
pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah penjual di 2023, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Sedangkan Lampung Tengah (Lampung), Purwakarta (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah), Batu (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) merupakan beberapa daerah dengan peningkatan jumlah pembeli takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan
jumlah pembeli di 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

“Secara keseluruhan, jumlah penjual dan pembeli takjil di Tokopedia masing-masing meningkat hampir 3 kali lipat selama seminggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan rata-rata peningkatan penjual dan pembeli sepanjang 2023,” tutup Nuraini.(vir/ist)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini