Beranda Woman' Talk 10 Kisah Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia yang Bisa Dijadikan Panutan

10 Kisah Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia yang Bisa Dijadikan Panutan

165
0
blitz

Mungkin selama ini kamu sering mendengar pengusaha sukses selalu dari gender pria. Memang hal itu tidak salah mengingat berbagai seminar lebih sering menghadirkan pengusaha sukses dari kalangan pria. Padahal, ada juga pengusaha sukses wanita di Indonesia.

Memang, pengusaha wanita sedikit mengalami kesulitan khususnya dari pihak perbankan dan lembaga keuangan. Kesulitan yang dialami adalah mendapatkan pinjaman modal sehingga tidak banyak para wanita mendirikan usaha sendiri. Namun, dengan semangat yang gigih, mereka bisa membuktikan bahwa mereka mampu menjadi pengusaha sukses wanita saat ini.

Untuk mengetahui siapa saja pengusaha sukses wanita asal Indonesia yang bisa dijadikan panutan, simak ulasannya di bawah ini.

1. Martha Tilaar

Pernah mendengar nama yang satu ini? Ya, nama ini adalah salah satu kosmetik terkemuka di Indonesia. Martha Tilaar adalah pengusaha sukses wanita dari nol yang berhasil membangun kerajaan bisnis kosmetik di tanah air. Walaupun saat ini sudah banyak brand kosmetik yang bermunculan, namun Martha Tilaar tetap mempunyai pesonanya tersendiri.

Martha Tilaar memang menyukai bisnis kecantikan sejak awal. Setelah lulus dari pendidikan kecantikan di Amerika Serikat, beliau langsung mendirikan bisnis ini di garasi rumahnya. Dari garasi tersebut, lahirlah berbagai produk kosmetik yang hingga kini menjadi andalannya.

2. Nurhayati Subakat

Nama pengusaha wanita ini mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat. Namun, jika kamu pernah memakai produk seperti Wardah, Putri, dan Make Over, semua brand itu dibuat oleh Nurhayati. Salah satu pengusaha wanita asal Indonesia ini juga sukses menjalankan bisnisnya dari nol. Bahkan, produknya termasuk kosmetik besar di tanah air.

Nurhayati Subakat adalah lulusan dari farmasi dan berkarir pada bidang kosmetik. Hanya saja, beliau pernah bekerja sebentar, lalu berniat mendirikan usaha kosmetik versi sendiri.

Usahanya tidak selalu mulus dan bahkan pernah mengalami kerugian besar akibat pabriknya kebakaran. Dengan semangat bisnis yang besar, Nurhayati berusaha bangkit dan produknya bisa dikenal hingga saat ini.

3. Catherine Hindra Sutjahyo

Catherine Hindra Sutjahyo adalah pendiri marketplace bernama Zalora. Pengusaha wanita yang satu ini juga merupakan sosok di belakang layar Zalora sehingga platform tersebut menjadi besar hingga sekarang. Bahkan, Zalora adalah tempat belanja produk fashion online yang bisa bersaing dengan marketplace lainnya.

Kisahnya sendiri tidak mudah karena Catherine berani resign dari perusahaan ternama demi menuntaskan ambisinya. Namun, semua itu berhasil terbayar dengan pencapaian bisnisnya saat ini. Dengan strategi yang tepat, Zalora berhasil menjadi salah satu marketplace tepercaya di Indonesia.

4. Veronika Linardi

Pendiri platform Qerja, Veronika Linardi juga termasuk salah satu pengusaha wanita yang sukses dari nol. Berkat platform yang dibuatnya, banyak calon karyawan melihat nilai perusahaan hingga perkiraan gaji yang bisa didapatkan.

Selain itu, platform Qerja juga membagi informasi tentang pekerjaan yang dibutuhkan para calon karyawan. Latar belakangnya di dalam bidang sumber daya manusia membuat Veronika percaya diri menjalankan usaha ini. Ditambah lagi, pengalamannya sulit mendapatkan pekerjaan saat itu mendorongnya untuk membuat platform tersebut.

5. Aulia Halimatussadiah

Aulia Halimatussadiah adalah salah satu pengusaha wanita sukses yang memulai bisnis dari nol. Beliau sukses memulai usaha berdasarkan hobinya, yakni menulis dan teknologi.

Meskipun pernah menerbitkan buku, beliau tahu seperti apa kesulitan yang dialami oleh para penulis pemula. Sebab, Aulia pernah mendapatkan persyaratan yang harus dipenuhi dari penerbit tertentu.

Dari hal itulah, beliau mendirikan situs nulisbuku.com yang dikenal sebagai platform menerbitkan buku sendiri pertama di Indonesia. Dengan adanya platform tersebut, penulis pemula dapat menerbitkan karyanya sendiri tanpa harus melalui berbagai seleksi.

Selain itu, Aulia juga membangun toko online untuk buku, platform penulisan buku fiksi dan non fiksi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Diajeng Lestari

Selanjutnya ada nama Diajeng Lestari yang merupakan salah satu pengusaha wanita yang sukses dari nol. Sejak tahun 2011, beliau telah mendirikan usaha fashion yang khusus untuk busana muslim. Nama usahanya adalah Hijup dan cukup dikenal oleh pecinta busana islam.

Ketika pertama kali ingin mendirikannya, Diajeng mengalami kesulitan keuangan. Bahkan, para investor pun banyak yang menolak karena ragu dengan dirinya yang sudah menikah dan menjadi seorang ibu.

Meskipun begitu, Diajeng tidak menyerah begitu saja. Beliau akhirnya berhasil membuktikan bisa fokus bekerja tanpa meninggalkan keluarganya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini