Beranda Kesehatan Manfaat Sorgum sebagai Bahan Pengganti Nasi yang Tinggi Serat untuk Kesehatan

Manfaat Sorgum sebagai Bahan Pengganti Nasi yang Tinggi Serat untuk Kesehatan

75
0
Sorgum
Sorgum

blitzfemale.com | TIPS KESEHATAN – Sorgum termasuk biji-bijian kaya nutrisi dan bebas gluten, sehingga sangat direkomendasikan buat kamu yang menjalani diet. Bahan pengganti nasi ini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang lebih tinggi daripada beras. Selain itu, kandungan gulanya yang rendah membuat sorgum bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi sorgum, salah satunya dengan memasaknya di rice cooker. Agar rasanya lebih gurih, kamu bisa menambahkan sedikit garam saat memasak.

Sebagian besar manfaat kesehatan sorgum berasal dari vitamin B, mineral, serta kandungan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolat, dan tanin. Terdapat berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi bahan pengganti nasi ini, diantaranya sebagai berikut.

1.Menurunkan Risiko Kanker
Sorgum mengandung antioksidan penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti asam fenolat dan tanin. Tanin termasuk zat yang bisa mencegah perkembangan sel kanker. Sedangkan asam fenolat bisa menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Sorgum termasuk bahan pengganti nasi yang tinggi serat. Biji-bijian ini juga memiliki struktur kompleks seperti pati, serat, antioksidan, dan asam fenolat. Termasuk biji-bijian yang berstruktur kompleks, membuat sorgum lebih sulit terurai
menjadi glukosa. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan gula dalam darah bisa secara bertahap, sehingga menjadikan kadar gula darah lebih stabil.

3. Menurunkan Berat Badan
Sorgum menjadi bahan makanan tepat buat kamu yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena biji-bijian ini mengandung tinggi serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama dan bisa menekan rasa lapar.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Sorgum mengandung berbagai zat lipid yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Rendahnya kolesterol dalam tubuh tentu bisa mengurangi berbagai risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan diabetes tipe 2.

5. Mengatasi Penyakit Celiac
Salah satu manfaat utama dari sorgum yakni aman dikonsumsi penderita Celiac. Penyebab utama penyakit ini tak lain yakni gluten, protein yang umumnya terkandung dalam tepung.

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, sorgum menjadi sumber kalori bebas gluten. Itulah sebabnya, sorgum dapat menjadi alternatif makanan pokok bagi yang yang sensitif terhadap kandungan protein tersebut.

Gunakan tepung sorgum sebagai pengganti tepung terigu untuk membuat roti, kue, dan makanan lainnya.
Manfaat sorgum ternyata sangat kaya, sehingga tak ada salahnya untuk mengonsumsi bahan makanan ini. Namun agar lebih aman dan mengetahui efek sampingnya, ada baiknya jika konsultasi lebih lanjut ke ahli gizi.(ang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini